7 Cara Sederhana untuk Mencegah Kram Kaki Sepeda

Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apa yang menyebabkan kram kaki sepeda, namun peneliti belum mengidentifikasi secara spesifik. Namun ada beberapa kemungkinan penyebabnya: aktivitas berlebihan, dehidrasi, dan ketidakseimbangan elektrolit.

Kram kaki sepeda mempengaruhi sekitar 60% pengendara. Untung ada cara sederhana untuk mencegahnya.

Berikut tips cara mencegah kram kaki sepeda:

1. Lakukan peregangan sebelum berangkat.

Peregangan ringan akan menghangatkan dan memperpanjang otot. Tetapi pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan beberapa rutinitas peregangan. Lakukan beberapa peregangan betis atau hamstring sebelum Anda bersepeda. Anda juga dapat meregangkan betis saat berada di jalan dengan berdiri di atas pedal dan menurunkan tumit.

2. Minum banyak air sebelum dan selama setiap perjalanan.

Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh atau balapan, yang terbaik adalah minum 13 hingga 20 ons air dingin sebelum bersepeda dan lima hingga delapan ons setiap 10 hingga 15 menit selama perjalanan.

3. Tambahkan elektrolit.

Ketika Anda kehilangan banyak cairan dengan cepat melalui keringat, Anda bisa mengalami ketidakseimbangan elektrolit dan dehidrasi. Hal ini dapat menyebabkan kram pada kaki sepeda. Ini kemungkinan besar jika Anda berkendara selama lebih dari satu jam. Dianjurkan untuk mengonsumsi minuman olahraga selain air untuk perjalanan panjang.

4. Tingkatkan asupan kalium dan kalsium harian.

Untuk mendapatkan dosis besar kalsium harian, konsumsi yogurt atau susu rendah lemak. Cobalah sayuran yang mengandung kalsium: bok choi, brokoli, dan kangkung. Makanan yang kaya kalium adalah: ikan, alpukat, daging, pisang, dan unggas. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium dengan magnesium setiap pagi atau sore hari. Mineral ini membantu mencegah dan meredakan kram.

5. Kenakan pakaian yang nyaman di sekitar otot Anda.

Kram kaki sepeda bisa terjadi jika Anda mengenakan pakaian ketat di sekitar paha dan betis. Pakaian ketat menghentikan sirkulasi darah yang baik terutama ke otot-otot yang bekerja. Mengenakan pakaian yang nyaman tetapi tidak ketat adalah kuncinya.

6. Jaga agar kaki Anda tetap hangat.

Kram kaki sepeda yang serius dapat terjadi jika bagian atas paha Anda menjadi dingin dan lembap selama perjalanan jauh. Jika Anda berkendara dalam kondisi dingin, pastikan kaki Anda tetap hangat agar dingin tidak masuk dan menyebabkan kram.

7. Cobalah cuka sari apel.

Campurkan dua sendok makan cuka sari apel dengan 240 ml air. Ambil dosis harian campuran ini untuk mencegah kram kaki sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *