Aturan Berpuasa Senin Kamis yang Baik dan Benar

Niat puasa Senin Kamis menjadi dasar ketika ingin melakukan puasa sunah dua kali seminggu tersebut. Berpuasa sunah memiliki manfaat besar, bukan hanya dari segi spiritual, tapi juga kesehatan tubuh dan jiwa. 

 

Puasa sunah ini dilaksanakan rutin dua kali seminggu jika memungkinkan dan sangat dianjurkan dilakukan, bahkan Nabi Muhammad SAW selalu melaksanakannya. Untuk melakukannya Anda harus tahu bagaimana aturan pelaksanaan yang baik dan benar.

 

Aturan Berpuasa Senin Kamis

Melakukan puasa sunah adalah hal baik, tapi tidak merupakan ibadah wajib. Walaupun demikian, tetap ada aturan pelaksanaannya. Sebelum melaksanakannya, Anda perlu tahu dahulu apa saja aturannya, mulai dari hukum hingga cara pengerjaannya.

  • Hukum Puasa Senin Kamis

Melaksanakan puasa merupakan ibadah dan akan diberikan ganjaran pahala serta kebajikan apabila melaksanakannya. Hukum ibadah puasa Senin Kamis adalah sunah. Ibadah ini merupakan ibadah sunah yang sering dikerjakan dan rutin dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW.

  • Membaca Niat Berpuasa

Niat puasa Senin Kamis adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum berpuasa. Saat paling baik melafadzkan niat pada malam hari, sebelum tidur hingga berkumandangnya adzan subuh. Namun, jika terlupa bisa berniat di pagi hari saat bangun, asalkan belum makan apa-apa. Adanya kelonggaran berniat ini karena puasa Senin Kamis hukumnya sunah, tidak seperti puasa di bulan Ramadhan.

  • Makan Sahur

Makan sahur bisa dilakukan atau tidak, tergantung kondisi saat Anda hendak berpuasa. Jika sempat sahur, maka makan sahurlah dan akan mendapat pahala serta keberkahan. Namun, jika tidak sempat dan berniat puasa di pagi hari, Anda tetap bisa melakukan puasa. Hanya saja, tanpa sahur.

  • Hindari Hal-hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Berpuasa bukan sekadar tidak makan dan minum dari fajar hingga terbenam matahari, melainkan juga menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Seperti, berhubungan suami istri, berkelahi, dan melakukan hal maksiat. 

 

Selama berpuasa, Anda harus menjaga diri dan perbanyak melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan pahala puasa, seperti melakukan berbagai kebajikan. Anda harus tetap melakukan aktivitas seperti biasa dan tidak menjadikan puasa sebagai alasan bersantai atau tidak bekerja.

  • Berbuka Puasa

Adzan maghrib merupakan tanda untuk membatalkan puasa dengan sebiji kurma atau segelas air putih untuk menyegarkan diri. Menyegerakan berbuka puasa merupakan sunah bagi Anda yang berpuasa. Bacalah doa berbuka puasa kemudian batalkan puasa. Dengan demikian, Anda telah mendapatkan keberkahan berpuasa sunah seharian penuh.

Bagi Anda yang memiliki niat puasa Senin Kamis, maka jalankanlah sesuai aturan dan ketahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ingin memiliki lebih banyak pengetahuan seputar puasa sunah, artikel Islami di laman Orami.co.id bisa jadi referensi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *