Biduran: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Biduran: Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Biduran, atau dalam makna medis disebut urtikaria, adalah ruam kemerahan yang keluar pada kulit. Meskipun biduran sering dikaitkan bersama reaksi alergi, suasana ini terhitung sanggup dipicu oleh beberapa hal lain, seperti stres, pengaruh samping obat, gigitan atau sengatan serangga, suhu dingin atau panas, dan infeksi.

Biduran merupakan keliru satu persoalan kebugaran kulit yang paling sering terjadi. Diperkirakan sekitar 20% orang dewasa pernah mengalami biduran, dan 15% di antaranya pernah mengalami biduran sejak era kanak-kanak.

Gejala Biduran Obat Biduran Untuk Ibu Menyusui
Biduran di kulit keluar sebagai bercak-bercak, ruam, dan bentol-bentol yang menjadi gatal. Bercak ini sanggup keluar di anggota tubuh mana pun. Biasanya gejala biduran keluar secara tiba-tiba, sesudah itu memudar bersama sendirinya dalam saat sekitar 24 jam, dan tidak perlu penyembuhan khusus.

Namun, penderita biduran sebaiknya berharap bantuan medis apabila mengalami keliru satu dari gejala berikut:

Pusing
Bengkak di daerah mata atau mulut
Sesak napas
Lemas
Gejala selanjutnya berarti reaksi alergi yang kronis dan perlu penanganan segera. Namun, jika rasa gatal yang dirasakan terkesan ringan, penderita sanggup menolong mengurangi gejala biduran bersama beberapa perawatan di rumah.

Penanganan Biduran yang Dapat Dilakukan di Rumah
Jika biduran tidak disertai gejala lain dan gatal yang dirasakan tidak berat, penderita sanggup meredakannya bersama beberapa perawatan selanjutnya ini:

1. Jauhi segi pemicu biduran
Langkah pencegahan dan perawatan terpenting pada biduran adalah mengetahui segi pemicunya, dan sebisa bisa saja menjauhkan kontak bersama segi tersebut.

Misalnya, jika biduran keluar setelah makan makanan tertentu, maka menjauhkan mengonsumsi makanan tersebut. Atau jika biduran keluar saat stres, maka laksanakan relaksasi untuk mengurangi stres.

2. Gunakan kompres dingin
Menempelkan suatu hal yang dingin pada kulit penderita sanggup menolong meringankan iritasi dan meredakan rasa gatal. Penderita sanggup menggunakan sebongkah es yang dilapisi bersama handuk dan menempelkannya ke daerah yang menjadi gatal selama 10-15 menit. Ulangi sampai 4 kali dalam sehari.

3. Hindari produk perawatan kulit yang sanggup membuat iritasi

Beberapa type sabun, terlebih yang mengandung pewangi, sanggup membuat kulit kering dan menambah rasa gatal. Pastikan penderita direkomendasikan menggunakan sabun spesifik untuk kulit sensitif. Gunakan terhitung produk losion spesifik untuk kulit sensitif, dan poleskan langsung setelah mandi untuk menolong meringankan rasa gatal.

4. Jaga suasana sejuk
Suhu yang panas sanggup membuat rasa gatal jadi parah. Kenakan busana yang tipis dan longgar, dan juga berbahan nyaman dan sanggup menyerap keringat. Jaga suhu hawa di dalam ruangan agar selamanya sejuk dan nyaman.

Hindari duduk di bawah sinar matahari langsung atau mandi air panas, untuk menghambat kekambuhan biduran.

5. Mengkonsumsi atau mengoleskan obat
Jika langkah lain tidak efisien meredakan rasa gatal akibat biduran, penderita sanggup coba menggunakan obat-obat antigatal yang dijual bebas, seperti obat golongan antihistamin dan losion kalamin.

Untuk biduran yang terlalu luas dan sering kambuh, bisa saja diperlukan obat resep dokter, seperti kortikosteroid.

Langkah Pencegahan Biduran
Mengetahui dan menjauhkan apa yang jadi pemicu rasa gatal di kulit merupakan kunci untuk menghambat kambuhnya biduran. Beberapa hal yang sanggup membuat biduran adalah kontak bersama binatang, pemanfaatan parfum, suhu panas atau dingin, atau paparan bahan kimia tertentu.

Dalam banyak kasus, biduran disebabkan oleh makanan. Salah satu langkah yang sanggup dilaksanakan untuk mencegahnya adalah bersama membuat food diary. Catatan ini sanggup menolong mengingat makanan apa yang bisa saja membuat biduran. Beberapa obat terhitung sanggup mengundang biduran, agar mutlak untuk mencatat obat dan suplemen apa saja yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika gejala yang dialami menjadi memburuk atau bertahan lebih lama dari beberapa hari, sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Begitu pula jika segi pemicu biduran tidak diketahui bersama jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *